Articles

PIBI IKOPIN MEMBUKA REKRUITASI PESERTA PROGRAM WIRAUSAHA TAHUN 2013

 


Kondisi kegiatan pembinaan Usaha Mikro, Kecil & Menengah dan Koperasi (UMKMK) yang selama ini dilakukan umumnya menggunakan model pendekatan yang bersifat partial dan klasikal, yaitu kegiatan pembinaan UMKMK yang dilaksanakan terbatas kepada kegiatan-kegiatan dalam bentuk pelatihan manajemen, tanpa ditindak lanjuti dengan kegiatan lainnya secara berkelanjutan. Pada sisi lain, berdasarkan hasil pengkajian dan penelitian lapangan yang dilakukan menunjukkan bahwa permasalahan yang dihadapi sebagian besar UMKMK ternyata sangat kompleks dan beraneka ragam, baik secara internal maupun eksternal.

Beberapa faktor internal yang sering masih jadi masalah yaitu ; kualitas SDM pengelola yang relatif masih rendah, modal yang terbatas, keterbatasan akses pasar, sistem pencatatan keuangan usaha yang rendah, terbatasnya akses terhadap lembaga keuangan dan akses informasi usaha yang masih rendah. Adapun faktor eksternal lebih banyak berkaitan dengan iklim dunia usaha yang belum kondusif bagi pengembangan dan  penciptaan UMKMK di Indonesia.
Hal ini yang mendorong Pusat Inkubator Bisnis – Institut Koperasi Indonesia (PIBI IKOPIN) setiap tahun menyelenggarakan program inkubasi bisnis untuk UMKMK. Memasuki tahun 2013 ini PIBI berkerjasama dengan Kementerian Negara Koperasi dan UKM RI akan menyelenggarakan program inkubasi bisnis untuk UKM Bidang Konveksi/Distro, Makanan dan Minuman.
Program yang dinamakan PROGRAM PENGEMBANGAN INKUBATOR BISNIS DI PERGURUAN TINGGI ini secara teknis akan dilaksanakan selama  9 (sembilan) bulan (Maret s.d. November 2012), dilaksanakan melalui beberapa tahapan kegiatan, yaitu : Rekruitment peserta (tenant), Pelatihan Kewirausahaan dan Manajemen Usaha, Tutorial Business Plan, Bursa Proposal Usaha, Tutorial Agenda Bisnis, Pendampingan lapangan (Technical Assistance), Temu Bisnis (dengan calon buyers/konsumen), Evaluasi Program (Focus Group Discussion) dan  Monitoring & Evaluasi Usaha Tenant.
Masyarakat bisa mendaftarkan diri secara gratis (tanpa dipungut biaya) untuk mengikuti program ini sampai hari Jumat, 22 Maret 2013 di Kantor PIBI IKOPIN, Kampus Ikopin Jl. Raya Jatinangor KM 20,5 Bandung – 40600 Telp./Fax. 022-7795139 (hotline : 081395080623)  dengan syarat : Pria/Wanita, Mengisi formulir pendaftaran, Mempunyai rintisan usaha sendiri (Bid. Distro/Konveksi, makanan atau minuman) minimal 1 – 2 tahun.
Peserta program akan diambil sebanyak 45 (empat puluh lima) orang, sehingga PIBI akan melakukan seleksi pada tanggal Sabtu, 23 Maret 2013 untuk mencari peserta program yang memenuhi kualifikasi entrepreneur yang diharapkan. Seleksi tersebut meliputi seleksi administrasi dan penilaian  kuesioner KKP (Kualitas Kewirausahaan Pribadi), sedangkan awal pelatihan untuk peserta yang lolos akan dilaksanakan pada tanggal 3,4 dan 5 April 2013.
 

You are here: Home