JENJANG S1

Sarjana (S1) Cetak E-mail
 
 

Institut Manajemen Koperasi Indonesia (IKOPIN) menyelenggarakan pendidikan Ilmu Manajemen untuk program Sarjana (gelar kelulusan: Sarjana Ekonomi) dengan akreditasi dari BAN-PT "B". Lama studi tersingkat dapat ditempuh dalam jangka waktu 3,5 tahun (7 semester). Terdapat 7 (tujuh) bidang kekhususan/konsentrasi sebagai berikut:

1. Manajemen Keuangan
Menghasilkan Sarjana Ekonomi di bidang Manajemen Keuangan dengan kualifikasi keahlian meliputi: penarikan dan penggunaan dana (portofolio investasi), pasar uang dan modal, keuangan internasional, penganggaran, studi kelayakan bisnis, pengambilan keputusan dan perumusan kebijakan keuangan, menyusun dan menganalisis laporan keuangan perusahaan.

2. Manajemen Perbankan
Menghasilkan Sarjana Ekonomi di bidang Manajemen Perbankan dengan kualifikasi keahlian meliputi: penghimpunan dan penyaluran dana, penganggaran, analisis kredit, pengambilan keputusan dan perumusan kebijakan keuangan bank, manajemen portofolio investasi, dan sistem pencatatan keuangan bank.

3. Manajemen Produksi
Menghasilkan Sarjana Ekonomi di bidang Manajemen Produksi dengan kualifikasi keahlian meliputi: perencanaan produksi, pengendalian sistem produksi dan manajemen mutu, mengevaluasi kinerja produksi dan mengimplementasikan aspek-aspek manejemen produksi dalam perusahaan.

4.Manajemen Pemasaran
Menghasilkan Sarjana Ekonomi di bidang Manajemen Pemasaran dengan kualifikasi keahlian meliputi: analisis lingkungan untuk peluang bisnis, menetapkan sasaran pemasaran, melaksanakan dan mengendalikan kegiatan pemasaran serta mengimplementasikan aspek-aspek manajemen pemasaran dalam bisnis.

5. Manajemen Sumber Daya Manusia
Menghasilkan Sarjana Ekonomi di bidang Manajemen Sumber Daya Manusia dengan kualifikasi keahlian meliputi: analisis jabatan, analisis kebutuhan sumber daya manusia, pengembangan, evaluasi jabatan, sistem penggajian dan insentif, pengintegrasian, analisis kebutuhan kerja, dan implementasi hukum ketenagakerjaan.

6. Manajemen Komunikasi Bisnis dan Penyuluhan
Menghasilkan Sarjana Ekonomi di bidang Manajemen Komunikasi Bisnis dan Penyuluhan dengan kualifikasi keahlian meliputi: mendesain, melaksanakan, dan mengevaluasi program penyuluhan; analisis karakteristik sosial ekonomi wilayah untuk pembentukan dan pengembangan koperasi; dan menetapkan strategi komunikasi bisnis yang efektif sesuai dengan kebutuhan kondisi aktual.

7. Manajemen Kewirausahaan
Menghasilkan Sarjana Ekonomi di bidang Manajemen Bisnis dengan kualifikasi keahlian meliputi: fungsi-fungsi perusahaan, fungsi-fungsi manajemen, akuntansi keuangan, akuntansi perbankan, akuntansi perpajakan, menetapkan strategi perusahaan dan kewirausahaan.

8. Manajemen Keuangan Mikro
Menghasilkan Sarjana Ekonomi di bidang Manajemen Keuangan Mikro dengan kualifikasi keahlian meliputi: fungsi-fungsi perusahaan, fungsi-fungsi manajemen, akuntansi keuangan, keuangan mikro, akuntansi perbankan, akuntansi perpajakan, menetapkan strategi perusahaan dan kewirausahaan.

9. Manajemen Keuangan Syariah
Menghasilkan Sarjana Ekonomi di bidang Manajemen Keuangan Syariah dengan kualifikasi keahlian meliputi: fungsi-fungsi perusahaan, fungsi-fungsi manajemen, konsep ekonomi syariah, akuntansi keuangan syariah, akuntansi perbankan syariah, menetapkan strategi perusahaan dan kewirausahaan.

10. Manajemen Perpajakan
Menghasilkan Sarjana Ekonomi di bidang Manajemen Perpajakan dengan kualifikasi keahlian meliputi: fungsi-fungsi perusahaan, fungsi-fungsi manajemen, konsep perpajakan, akuntansi keuangan, akuntansi perbankan, akuntansi perpajakan, menetapkan strategi perusahaan dan kewirausahaan.